Rabu, 05 April 2017

BELAJAR BISA DI MANA SAJA, YUK INTIP APLIKASI BELAJAR KOOLIAH LEWAT ASUS ZENFONE 5


Sekolah bisa berhenti, tapi belajar tidak ada hentinya. Seperti sabda nabi bahwa mencari ilmu itu dimulai dari buaian hingga liang lahat. Ilmu bisa kita peroleh dengan model talaqqi, otodidak dan ilham. Kalau model talaqqi berarti belajar lewat perantara guru, sedangkan otodidak berarti belajar sendiri tanpa guru. Kebanyakan orang belajar menggunakan model talaqqi dan otodidak. Jarang ada orang yang memperoleh ilmu melalui ilham. Hanya orang-orang tertentu saja yang diberi anugerah memperoleh ilmu dengan ilham dari Allah SWT, misalnya ulama, nabi dan cendekiawan. 

Belajar bisa kita lakukan di museum Batik Pekalongan
Belajar juga bisa di lakukan di kebun.
Belajar otodidak lewat buku.
Belajar lewat HP Asus Zenfone 5 dengan menggunakan aplikasi Kooliah.

Jaman sekarang mencari ilmu bisa kita lakukan di dunia nyata maupun dunia maya. Seperti kata putri Kak Seto dalam sebuah acara seminar pendidikan di STAIN Pekalongan beberapa tahun yang lalu. Kak Seto bertanya kepada putrinya, "Sekolahnya di mana?" Putrinya menjawab, "Sekolahnya di mana-mana." Yap, sekolah atau belajar bisa dilakukan di mana saja. Salah satunya di aplikasi Kooliah. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk belajar tanpa harus tatap muka dengan dosen.

Kenalan sama aplikasi Kooliah

Apa sih aplikasi Kooliah itu? Kooliah adalah aplikasi yang menyediakan layanan bimbingan dan konsultasi untuk membantu persiapan studi di jurusan sesuai minat bakat kita. Aplikasi ini dibuat oleh stakeholder program Inovative Academy Universitas Gajah Mada (UGM).
Aplikasi ini bisa diakses oleh siapapun lho. Tidak harus mahasiswa UGM. Aplikasi ini membantu kita yang belum kuliah. Misalnya kita sedang bingung mau memilih jurusan apa. Aplikasi ini berguna sekali agar kita tidak tergesa-gesa memilih jurusan kuliah. Aplikasi ini juga bermanfaat bagi teman-teman yang tidak bisa melanjutkan kuliah karena mahalnya biaya kuliah. Kebetulan saya memakai Asus Zenfone 5 untuk membuka aplikasi ini. Jadi sebelum pembahasan lebih lanjut tentang Kooliah, Saya akan memaparkan sedikit tentang Asus Zenfone 5.

Asus Zenfone 5

Saya memakai Asus Zenfone 5 karena banyak kelebihannya. Diantaranya adalah :
  • Layarnya sangat nyaman untuk membuka berbagai aplikasi, terutama aplikasi Kooliah.
  • Desainnya keren
  • Aplikasi bawaannya banyak

  • Prosesor Dual-core 2 GHz, GPU PowerVR SGX544MP2, RAM 2 GB yang membuat kinerja smartphone menjadi responsif
  • Kapasitas memori internalnya besar sehingga memudahkan kita untuk menyimpan data materi aplikasi Kooliah

Cara menggunakan aplikasi Kooliah

Sudah tahu belum? caranya menggunakan Aplikasi Kooliah lewat Asus Zenfone 5. Yuk ikuti langkah-langkah berikut untuk mengakses aplikasi Kooliah:

Pertama-tama kita buka Play Store


- Ketik kata "Kooliah" di kolom search google play.

- Nanti akan muncul aplikasi Kooliah

- Download aplikasi Kooliah, kemudian buka.


- Klik garis-garis yang terletak di pojok kanan.


- Sebelum kita masuk ke menu, kita regristrasi dulu dengan mengirim username, email dan password. Klik Regrister, nanti akan muncul tampilan login. Kalau login, kita hanya mengisi email dan password. Login biasanya muncul ketika membuka salah satu materi. Jadi walaupun sudah regristrasi kita diminta login lagi ketika membuka materi Kooliah.

Fitur yang ada di aplikasi Kooliah

Seperti kuliah pada umumnya. Aplikasi Kooliah menawarkan beberapa disiplin ilmu. Awalnya saya mengira menu materi pelajaran yang ditawarkan konstan. Ternyata setiap bulannya ada materi baru. Terakhir yang saya lihat adalah postingan tanggal 4 April 2017 tentang Struktur dan Organisasi Gen Manusia. Terus apa saja yang ada di aplikasi Kooliah selain menu? Yuk kita intip satu-satu. 
1



















- Soal-soal latihan atau kuis.Try out di jurusan kuliah berupa penjelasan materi dari mentor


- Request materi dan soal kuliah jurusan yang ingin kamu pelajari. Caranya klik Request, lalu isi tiap kolomnya.

- Video & materi kuliah langsung dari mentor yang bisa kamu download kapan aja

Yuk buruan download aplikasi Kooliah. Dengan aplikasi ini, kita bisa belajar di mana saja. Kalau belum paham, bisa tanya ke ahlinya.
      

 Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog "Serunya belajar pakai aplikasi Kooliah"
info : http://lomba.kooliah.com

2 komentar:

TEKS PIDATO ISRA' MI'RAJ

  اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَۃُﷲِ وَبَرَكَاتُهُ إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ ...