Selasa, 24 Januari 2017

KARYA ANAK (WAWANCARA DENGAN SUPERVISOR AYAM PENYET SURABAYA)



 WAWANCARA DENGAN SUPERVISOR AYAM PENYET SURABAYA




Tema                  :Ekonomi dan Perdagangan
KELOMPOK  3       :
1. Adelia Putri
2. Ahmad Pahlevi
3. Bimo Setiawan
4. M.Khusnun Ni’am
5. Nasalullah Khusnul Khotimah
6. Nova Riska Yuninda
7. Vita Zahkila Putri
Kelas                        : 8E
Guru Mapel Diklat  : Ibu Nur Aenis 



Teks wawancara
Pewawancara             : “selamat siang.”
Narasumber                : “siang.”                          
Pewawancara             : “Bolehkah kami meminta waktunya untuk mewawancarai anda ?”
Narasumber               : “insya Allah boleh.”
Pewawancara            : “siapa pemilik restoran ini ?”
Narasumber                : “pemilik pertama restoran ini bernama bapak.Sukmo Wardoyo.”
Pewawancara             : “Apakah kami boleh bertanya tentang usaha ini.?”
Narasumber                : “Boleh.”
Pewawancara             : “Bagaimana awalnya anda membuka usaha ini.?”
Narasumber                : “Bapak.Sukmo Wardoyo membuka usaha ini awalnya dengan gerobak atau pedagang kaki lima karena banyak customer yang minat lalu beliau menyewa ruko,dan pelanggannya lebih banyak yang minat,lalu berdirilah restoran ini.”
Pewawancara             : “Siapa yang mempunyai ide untuk membuka usaha ini ?”
Narasumber                : “beliau yang mempunyai ide untuk membuka usaha ini dari segi geografi bahwa kuliner tidak akan mati,sampai berapa tahunpun kuliner akan tetap menjadi kebutuhan manusia.”
Pewawancara                         : “Sejak kapan beliau membuka usaha ini.?”
Narasumber                : “Usaha ini sudah dibuka ± sudah ½ abad , kalau cabang di pekalongan sudah 10 tahun. kalau tetapi jika mulai dibukanya usaha ini sudah 50 tahun lebih.”
Pewawancara                         : “Darimana beliau mendapatkan modal.?”
Narasumber                : “Beliau membuka usaha ini dengan modal sendiri dan campur tangan orang lain yang mau bekerja sama dalam usaha ini .”
Pewawancara             : “Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk usaha ini ?”
Narasumber                : “modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha ini ± ½ M.”
Pewawancara                         : “pukul berapa restoran ini buka ?”
Narasumber                : “restoran ini dibuka mulai pukul 07.00 am. sampai 22.00 pm.”
Pewawancara            : “Hari apa saja restoran ini tutup ?”
Narasumber                : “Hari-hari besar seperti Idul fitri,pada bulan puasa pertama,dan bulan puasa terakhir. ± 4 sampai 5 hari dalam 1 tahun resto ini tutup.”
Pewawancara             : “saat bulan apa saja resto ini mengalami peningkatan ?”
Narasumber                : “saat mendekati bulan puasa dan bulan haji.”
Pewawancara             : “Mengapa anda lebih memilih membuka usaha ditempat ini ?”
Narasumber                : “sebenarnya ingin ditempat yang lebih rame seperti dialun-alun dll. Tapi karena modalnya yang terbatas .”
Pewawancara             : “selain disini,berapa cabang yang anda punya?”
Narasumber                : “cabang yang sudah dibuka ± ada 20 30 an.”
Pewawancara             : “Dimana saja letak cabang tersebut ?”
Narasumber                : “Di Banjarmasin, purwokerto, Palembang,              boyolali, magelang, Kalimantan, makasar, bandung, banda aceh, samarinda, medan, dan diluar negeri.”
Pewawancara                          : “Mengapa anda lebih memilih usaha ini dari pada usaha yang lain ?”
Narasumber                : “karena saya ingin mempopulerkan kuliner            Indonesia agar tidak menurun.”
Pewawancara                          : “Adakah pasang surut untuk usaha ini ?”
Narasumber                 : “pasang surut yang kami alami seperti,pada bulan tertentu mengalami keuntungan,dan kritikan dari para pelanggan.”
Pewawancara                          : “Bagaimana cara untuk menghadapi pasang surut tersebut ?”
Narasumber                : “cara untuk menghadapi pasang surut tersebut dengan cara memasang  brosur.”
Pewawancara             : “Apakah direstoran ini menerima pemesanan catering ?”
Narasumber                : “diresto ini menerima pemesanan catering,tapi tergantung dengan pemesanannya mendadak atau tidak,dan jumlahnya dapat kami kerjakan atau tidak.”
Pewawancara                         : “Apa syarat-syarat untuk melamar menjadi karyawan disini ?”
Narasumber                 : “syarat untuk menjadi karyawan disini seperti akhir sekolahnya,KTP,dan seperti umumnya melamar kerja di perusahaan lain.”
Pewawancara                         : “Apakah di resto ini di buat SIP untuk para karyawan ?”
Narasumber                : “Ya disini dibuat SIP untuk karyawan, ada 3 SIP yaitu SIP pagi, SIP siang, dan SIP sore.”
Pewawancara             : “Berapa gaji yang anda berikan kepada karyawan ?”
Narasumber                : “Gaji karyawan tergantung dari giat atau aktifnya,kalau gaji pokoknya Rp 1.100.000-, .”
Pewawancara             : “Menu apakah yang menjadi menu favorite di resto ini ?”
Narasumber                : “Menu favorite di resto ini tentunya Ayam Penyet .”
Pewawancara             : “Ada berapa karyawan yang bekerja disini ?”
Narasumber                : “karyawan yang bekerja di sini sementara masih 21 orang .”
Pewawancara             : “ Rata-rata berapa penghasilan resto ini per-bulan ?”
Narasumber                : “Penghasilan yang di hasilkan resto ini per-bulan ± 8 juta .”
Pewawancara             : “Apakah anda memasang iklan untuk mempromosikan usaha ini ?”
Narasumber                : “ Ya, Kami memasang iklan di radio dan di media cetak .”
Pewawancara             : “ Dimana anda membeli bahan bahan dasar yang dibutuhkan untuk masakan di resto ini ?”
Narasumber                : “ Bahan bahan kami beli dari pasar terdekat atau di pasar swalayan seperti mall borobudur, indomart dan di suplayer .”
Pewawancara             : “ Berapa rata rata harga setiap menu di resto ini ?”
Narasumber                : “ Rata rata untuk ayam kampung 19.000 untuk makan disini, dan jika dibawa pulang 20.000. Jika ayambiasa 14.000 makan disini, jika dibawa pulang 15.000 .”
Pewawancara             : “ Apakah anda pernah mendapat kritikan dari pelanggan di resto ini ?”
 Narasumber               : “Pernah, kadang kami mendapat kritikan seperti si A kerjanya kurang berkonsentrasi, atau ayamnya kecil, dan kami terima semua kritikan dari tamu/pelanggan .”
Pewawancara             : “ ± ada berapa pelanggan yang datang setiap harinya ?”
Narasumber                : “Pelanggan yang datang ± hampir 200 orang .”
Pewawancara             : “ Wah cukup banyak juga ya pak .
Terimakasih atas informasi yang bapak berikan .”
Narasumber                : “ Ya . Terimakasih kembali .”


LAPORAN HASIL WAWANCARA
Pemlik pertama resto ini bernama bapak SukmoWardoyo, beliau bertempat tinggal di Medan . Beliau memulai karirnya dalam kuliner dengan gerobak atau pedagang kaki lima, kemudian lama kelamaan laku dan lalu beliau mencoba menyewa ruko dan pelanggannya pun semakin banyak yang minat. Lalu berdirilah restoran ini,
  karena dengan bantuan Tuhan untuk Berjaya, kita membuka usaha ini sampai keluar negeri.


Beliau mempunyai ide untuk membuka usaha ini dari prinsip geografi bahwa kuliner itu tidak akan mati, sampai beberapa tahun pun kuliner akan jadi kebutuhan manusia. Alasan didirikannya restoran Ayam Penyet di daerah ini karena letaknya yang strategis .  
Usaha ini sudah dibuka kurang lebih sudah 50 tahun lebih dan cabang di pekalongan ini sudah 10 tahun. Restoran ini mempunyai kurang lebih 20 – 30 cabang baik di dalam maupun diluar negeri. itu khusus ayam penyet Surabaya belum dari goup yang lain yang masih satu group. Letak cabangnya hampir di seluruh Indonesia dan dunia .
Beliau membuka usaha ini dengan modal sendiri dan campur tangan orang lain yang mau bekerja disini. Modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha ini kurang lebih ½ M . ½ M itu digunakan untuk membeli ruko, bahan dasar, sumber makanan dan tempat – tempat duduk.
Restoran Ayam Penyet Surabaya ini dibuka mulai jam 00.07 sampai 22.00. Restoran ini tutup pada hari hari besar seperti Idul Fitri dan bulan puasa pertama dan 5 hari dalam bulan puasa terakhir. Setiap bulan ramadhan sampai mendekati bulan haji (idul adha) restoran ini mengalami peningkatan pembeli .
Pasang surut pernah di alami di dalam resto ini seperti, pada bulan tertentu meraih keuntungan dan kritikan dari pelanggan, dan cara untuk menghadapi pasang surut tersebut seperti memasang brosur di tikungan dan dirumah rumah satu rumah satu brosur restoran ini juga memasang iklan di radio dan di media cetak.
Di restoran ini juga menerima pesanan catering tetapi tergantung dari pemesannya mendadak atau tidak dan jumlahnya bisa kami kerjakan atau tidak .
Syarat untuk menjadi pegawai/karyawan di restoran ini akhir sekolahnya bagaimana, KTP, dan sebagaimana umumnya melamar kerja di perusahaan lain . dan di restoran ini juga di buat SIP untuk para karyawan dan jumlahnya ada 3 SIP seperti SIP pagi, SIP siang dan SIP sore.
Gaji karyawan disini tergantung dari giat atau aktifnya kalau gaji pokok 1.100.000 . Karyawan yang bekerja disini sementara masih 21 orang . menurut mas Bakhrul Ulum sebagai supervisor, beliau kurang puas dengan pelayanan karyawan, namun tidak bisa dielak adanya kritikan pelanggan , mereka menanggapi dengan senang hati, dengan cara lebih jeli lagi dalam memasak masakan yang akan disajikan kepada para pelanggan, karena seringkali kritikan yang di sampaikan pelanggan berisi tentang kekurangan rasa . menu favoritte di restoran ini tentunya adalah Ayam Penyet .
Bahan – bahan direstoran ini dibeli dari pasar terdekat seperti di mall – mall dan di suplayer. Rata – rata harga di restoran ini untuk ayam kampung 19.000,- untuk makan disini dan jika dibawa pulang 20.000,- . Jika ayam biasa 14.000,- untuk makan disini, jika dibawa pulang 15.000,-. Pelanggan yang datang ke restoran Ayam Penyet Surabaya kurang lebih berjumlah 200 orang per-harinya .

1 komentar:

  1. Boleh nggak kalo anda menampilkan hasil wawancara tapi bukan diresto melainkan kayak pedagang kaki lima?

    BalasHapus

TEKS PIDATO ISRA' MI'RAJ

  اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَۃُﷲِ وَبَرَكَاتُهُ إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ ...